DATA SPASIAL DALAM SATU PORTAL

Informasi Geospasial Mendukung Provinsi NTB Gemilang

Mataram, Berita Geospasial BIG - Dalam rangka mendukung nawacita pemerintah, Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan penyelenggaraan informasi geospasial untuk mendukung kedaulatan pangan, energi, maritim, periwisata, kesehatan masyarakat dan sebagainya. Terkait dengan itu, BIG sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang bertugas membina dan menyediakan data dan informasi geospasial bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menandatangani Nota kesepahaman Bersama (NKB). Penandatanganan NKB ini dilakukan oleh Kepala BIG, Hasanuddin Z. Abidin dan Gubernur NTB , Dr. TGH. M. Zainul Majdi di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Mataram pada Sabtu, 17 Desember 2016. Lingkup NKB ini adalah penyediaan data dan informasi geospasial, pemanfaatan dan pengembangan basisdata informasi geospasial, peningkatan dan pengembangan infrastruktur informasi geospasial, pelaksanaan kegiatan survei dan pemetaan dan penyajian infromasi geospasial, berbagi pakai data dan informasi geospasial serta pengembangan dan peningkatan kapasitas Sumberdaya Manusia (SDM) Informasi Geospasial.

Penandatanganan NKB tersebut diadakan bersamaan dengan HUT Provinsi Nusa Tenggara Barat yang ke-58. Ada peringatan HUT ke-58 tahun ini, yang mengusung tema “NTB Gemilang, Ikhtiar Tiada Henti”,  dihadiri Wakil Gubernur NTB H. M. Amin, S.H., M.Si,  Ketua DPRD Provinsi NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda.,SH.MH, Anggota Forum Koordinasi Pemerintah  Daerah (FKPD) dan Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD) lingkup Provinsi NTB, serta tamu kehormatan antara lain: mantan Gubernur NTB ke-5 periode 1998-2003 Drs. H. Harun Al Rasyid, mantan Gubernur NTB ke-6 periode 2003-2008 H. Lalu Serinata, dan mantan Wakil Gubernur NTB Periode 2008-2013 H. L. Azhar.

Mengawali upacara, peserta upacara dan tamu undangan dihibur oleh Marching Band dari SMPN 15 Mataram dan atraksi polisi cilik yang berada dibawah asuhan Kapolres Lombok Tengah dan dibawah naungan Kapolda NTB. Dalam amanahnya, Gubernur NTB yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Dr. TGH. M. Zainul Majdi menyampaikan peran NTB semakin kokoh dalam pembangunan nasional. “Hasil kerja keras ini tidak luput dari perjuangan para pemimpin terdahulu yang telah memberikan pondasi yang kuat,” ujarnya.

Pada kesempatan ini juga, Zainul Majdi ingin masing-masing pihak melakukan introspeksi diri, untuk melihat sejauh mana pertumbuhan ekonomi dapat dirasakan merata oleh seluruh lapisan masyarakat. Sejauh mana pertumbuhan pariwisata mampu menyerap ekonomi kreatif yang berkembang di masyarakat, serta memastikan setiap proses pembangunan tidak hanya menghasilkan kemanfaatan ekonomi tetapi juga memperhatikan daya dukung lingkungan.

Zainul Majdi berpesan untuk selalu menjaga momentum pembangunan dan kondisi daerah NTB yang aman dan kondusif. “Mari kita rawat persaudaraan diantara seluruh komponen masyarakat, baik agama, suku, profesi dan keberagaman yang lain. Kita sudah sepakat, seluruh keberagaman itu adalah kekuatan dan modal dalam membangun NTB,” tegasnya.

Kepada seluruh rekan-rekan perangkat pemerintahan daerah Zainul Majdi juga berpesan untuk saling bahu membahu, tingkatkan etos kerja dan profesionalitas serta tingkatkan tranparansi dan akuntabilitas. “Mari menjadi pemimpin yang dapat diteladani oleh seluruh masyarakat. Kepada pelajar, pemuda, dan mahasiswa untuk selalu bersungguh-sunggguh menuntut ilmu, persiapkan diri untuk menjadi penerus masa depan NTB dan bangsa, jauhi pergaulan bebas, narkoba dan perlaku destruktif lainnya,” pungkasnya. (RB/ATM)